Senin, 12 November 2012

Geodetic Engineering 2012 of UGM Trip to The Gunungkidul Beach

Peta jalur perjalanan menuju Pantai di kawasan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dimulai pada tanggal 2 November 2012, beberapa mahasiswa Jurusan Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melakukan perjalanan menuju pantai selatan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimerwa Yogyakarta. Beberapa mahasiswa tersebut adalah Ria Purnama Putri, Bil Afin, Sheila Amalia Burhanudin, Gali, Rosita, Kevin Alkindy,  I Gede Sukma Nata, Ali, Luthfi Ghina Barka, Antra, Puji Nurhidayah, Aulintya, Anisa, dan aku.  Kami berencana untuk melihat sunset dan sunrise untuk menghilangkan kepenatan setelah menjalani ujian.
Sebelum berangkat, kami berkumpul di sekitar Tugu Teknik Fakultas Teknik UGM pada pukul 13.30 WIB. Pada mulanya, keberangkatan direncanakan pada pukul 14.00 WIB, akan tetapi kami berangkat pada pukul 15.30 WIB. Kami melewati jalan yang berliku di pegunungan selatan, yang seolah-olah melewati puncak Bogor (wah...puncaknya Jogja kali ya). Pemandangan indah menghampar di kanan dan kiri  jalan yang kami lewati. Ada sawah, sungai, lereng bukit, hutan, dll. Tujuan pertama kami adalah Pantai Baron. Awalnya kami berencana melihat matahari terbenam (sunset), akan tetapi ternyata saat kami tiba di lokasi cuaca sedang mendung, jadi kami tidak bisa melihat sunset.
Setelah dari Pantai Baron, aku dan teman-temanku menuju tempat bermalam, yaitu rumahku. Ya...walaupun rumahku sederhana, namun teman-temanku dapat menerima kondisinya, aku dan orang tuaku pun senang mengetahui respon mereka. Laki-laki tidur di ruang tamu dan perempuan tidur di mushola. Ruangannya tak begitu luas, tetapi justru ini yang membuat kami semakin akrab. Ngobrol-ngobrol, bermain gitar dan nyanyi-nyanyi bareng lah yang kami lakukan di teras rumah. Ketika malam sudah mulai larut, kami pun tidur.
Keesokan harinya, pada tanggal 3 November 2012 pukul 06.30 WIB kami berangkat lagi ke pantai. Rencana melihat sunrise pun tertunda karena kami berangkat terlampau siang. Tujuan kami adalah Pantai Sepanjang, Pantai Krakal, dan Pantai Indrayanti. Bermain air dan pasir, itulah yang kami lakukan ketika sampai di pantai.
Setelah puas bermain, sekitar pukul 11.30 WIB kami kembali menuju rumahku. Pada pukul 14.00 WIB, teman-temanku pulang ke kos masing-masing di Jogja, sedangkan aku akan kembali ke kos pada hari berikutnya. Walaupun kami belum berhasil untuk melihat sunset dan sunrise, namun kami senang , karena dapat melihat karunia Tuhan berupa keindahan alam yang dapat menghilangkan kepenatan pikiran, dan berharap akan kembali fresh dan siap untuk menerima materi kuliah di Jurusan Teknik Geodesi UGM.

Inilah beberapa foto yang menggambarkan keelokan alam dan keasyikan kami ketika mengunjungi Pantai Gunungkidul.