Jumat, 26 Oktober 2012

Geodetic Engineer (Geodet)


Pada post kali ini aku mencoba membahas apa itu geodetic engineer. Geodetic engineer atau dalam bahasa ibu kita diartikan sebagai insinyur geodesi adalah salah satu profesi dari lulusan Fakultas Teknik UGM. Walaupun nggak cuma UGM sih, ada UNDIP, ITN Malang, dll. 

Apa sih yang keuntungan menjadi seorang geodetic engineer? Banyak kok...kita bisa bekerja di pertanahan, Departemen Pajak, kontraktor, PU, tambang(baik nasional maupun multinasional, dll. Hampir setiap sendi kehidupan membutuhkan jasa geodetic engineer. Itu kenyataan, sangat luasnya bidang pekerjaan yang bisa dipilih sampai-sampai membuat bingung para lulusan untuk memilih. 

Lalu apa peran nyata seorang geodetic engineer di kehidupan? Memang jarang yang memahami peran penting seorang geodet. Sebagai contoh ketika proses pembangunan gedung, apa pertanyaan yang muncul? Siapa arsiteknya? Siapa sarjana sipilnya? Contoh lain, dalam kegiatan pertambangan, apa pertanyaan yang muncul? Siapa geolognya?betul? ya itu lah realitanya, khalayak belum mengetahui betapa penting peran seorang geodet dalam berbagai kegiatan. Pada umumnya geodet berperan sebagai langkah pertama. Maksudnya adalah pembuka jalan bagi ilmu-ilmu lain untuk menerapkan ilmunya. Pada contoh yang telah disebutkan, geodet berperan dalam pengukuran pertama dalam proses pembangunan gedung. Namun geodet sebenarnya berperan dalam seluruh proses dalam pembangunan gedung itu. Dari pembuatan peta, pengukuran, pengoreksian, dll. 

Masih banyak lagi peran seorang geodet. Kapan-kapan aku share lagi ya peran penting seorang geodetic engineer di kehidupan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar