Senin, 21 Januari 2013

Asyiknya Gunungkidul......


                Kabupaten Gunungkidul  merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ibukota kabupatennya adalah Wonosari. Gunungkidul memiliki potensi luar biasa. Dari potensi budaya, SDM, sampai potensi alam. Namun, selama ini kebanyakan orang hanya mengenal Gunungkidul sebagai daerah yang kering, miskin air, miskin harta, makanannya ketela(gaplek dan tiwul), dll yang bersifat negatif.
               



Gambar peta perjalanan dari Kota Yogyakarta ke Kota Wonosari, Gunungkidul, DIY

                Gunungkidul mempunyai sejarah yang sangat panjang. Bagi yang ingin mengetahui bagaimana sejarahnya , silakan buka ini : http://www.gunungkidulkab.go.id/home.php?mode=content&id=79 .

                Potensi budaya yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul antara lain rasulan, tarian (contoh: cing cing goling), reog, jathilan, ketoprak, campursari, wayang kulit,  dll. Potensi alamnya antara lain pantai, goa, karst, objek purbakala, dll.

                Gunungkidul juga merupakan daerah geosite karst yang unik, karena di sini juga sebagai daerah geopark. Banyak sekali tempat-tempat geosite, antara lain Goa Pindul, Gunung Api Purba Nglanggeran, Kalisuci dan Goa Jomblang, dan Bengawan Solo Purba. Selain itu, di kawasan karst Gunungkidul juga terdapat sungai-sungai bawah tanah yang menyimpan banyak cadangan air. Sebagai contoh daerah bribin yang sudah di ekspose. Hal ini dapat menepis pernyataan orang-orang yang meng-judge  Gunungkidul sebagai daerah miskin air.

                Tentunya dengan banyaknya potensi yang dimiliki Gunungkidul, pemerintah, baik kabupaten, provinsi, maupun nasional seharusnya dapat mengelolanya dengan baik. Dengan dikelola dengan baik, maka tidak hanya masyarakat Gunungkidul yang mendapatkan dampak positif, melainkan provinsi dan nasional dapat mendapatkannya juga. Kembangkan Gunungkidul, kembangkan Indonesiaku!!

Yogyakarta, 20 Januari 2013


Bondan Galih Dewanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar